Beberapa Fungsi Karburator Pada Mobil

Karburator termasuk alat vital untuk mobil, fungsi karburator pada mobil disesuaikan dengan komponen di dalamnya. Beberapa jenis  kompuonen karburator diantaranya seperti float chamber, floating, pin float, housing nadle valve, nadle valve, air bleder, main zet primer dan lain sebagainya. Karburator mempunyai beberapa fungsi yang membantu nyamannya kendaraan. Berikut fungsi kaburator pada mobil diantara yaitu :

  1. Sebagai pengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap
  2. Sebagai pengatur perbandingan bahan bakar udara pada beban kecepatan
  3. Mencampurkan bahan bakar dengan udara. Campuran bahan bakar gas dan udara 1 gram : 15 gr udara. 
  4. Dapat mengubah bahan bahan cair menjadi gas 
fungsi karburator

Masing-masing komponen karburator punya fungsinya sendiri-sendiri dan saling membantu keterkaitannya, seperti float chamber yaitu sebagai penampungan dan tempat persediaan yang bersifat sementara. Kemudian ada floating atau biasa disebut dengan pelampung. Alat ini digunakan sebagai pembatas jumlah bakar bakar yang masuk ke dalam float chamber. Diantara kedua komponen di atas, terdapat komponen yang berfungsi penting. Yaitu pin float yang mengunci pelampung agar tidak lepas dari dudukannya. Sehingga adanya keterkaitan dan bersinergi antara komponen satu dengan yang lainnya.

Selain itu terdapat housing nedle valve yang mempunyai fungsi sebagai rumah nadle valve. Nadle valve ini seperti katup yang otomatis bisa membuka tutup saluran. Saluran bahan bakar dari tanki masuk ke dalam float chamber. Kemudian ada power piston yang berfungsi sebagai tuas bagi power valve. Power berfungsi bila terjadi kevacuman. Selain itu main zet primer yang berfungsi sebagai saluran bahan bakar dari float chamber menuju small tube ventury primer. Dasar dari prinsip kerja karburator ini merupakan seperti hukum alam. Seperti udara yang mengalir dari suatu tempat atau ruangan yang kecil bisa menimbulkan kecepatan udara yang mengalir ke dalam ruangannya semakin besar. Dan bisa memungkinkan tekanannya semakin menurun. Prinsip kerja ini menimbulkan keterkaitan antara spuyer dan float chamber. Fungsi kaburator pada mobil bisa diperbaiki dengan panduan prinsip tersebut. 
Tag: Mobil
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner