Cara Unik dan Sederhana dalam Modifikasi Velg Motor

Velg adalah bagian yang penting dalam komponen pergerakan motor. Velg juga bagian yang jelas secara nyata terlihat pergerakannya saat motor digunakan. Velg juga sesing dijadikan objek kreativitas pemilik motor untuk dimodifikasi guna memperindah tampilan motor terutama disaat berkendara. Salah satu modifikasi yang dapat diterapkan pada modifikasi velg motor adalah pewarnaan. Pewarnaan velg motor yang baik akan menambah keindahan motor baik saat didiamkan atau digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan cara unik dan sederhana dalam modifikasi velg motor yang dapat anda coba di rumah.

modifikasi velg motor unik

1. Mewarnai velg motor tanpa harus melepas ban menggunakan sabun colek.
Dalam melakukan pewarnaan velg biasa kita menghindari ban agar tidak terkena semprotan warna sehingga memberikan kesan rapi dan indah. Untuk tujuan ini biasanya dalam proses pewarnaan velg, kita melepaskan ban agar terhindar dari semprotan pewarna. Hal ini tentu akan merepotkan sekaligus melelahkan. Untuk mengatasi hal ini kita dapat memanfaatkan sabun colek untuk mewarnai velg tanpa harus membuka ban. Penasaran bagaimana carany?. Berikut adalah langkah modifikasi velg motor dengan cara mewarnai tanpa membuka ban dengan memanfaatkan sabun colek:
  • Bersihkan ban dan velg motor anda
  • Amplas velg motor untuk menghaluskan dan menghilangkan warna lama.
  • Oleskan sabuncolek pada ban khususnya pada bagian yang berhimpitan dengan velg.
  • Warnai velg dengan cat semprot, pewarnaan berulang dan berlapis disarankan untuk hasil yang baik.
  • Setelah warna kering hilangkan sabun coleng dengan cara mencuci ban.
  • Pewarnaan pun selesai.
2. Membuat pola dan motif pada velg dengan bantuan sabun colek.
Mungkin nda bosen dengan tampilan monochrome pada velg, anda dapat mengaplikasikan motif atau pola tertentu pada velg anda, terlebih pola yang dapat terlihat menjadi bentuk tertentu saat velg berputar. Namun harus diakui bahwa mewarnai velg dengan satu warna aja adalah hal yang merepotkan apalagi dengan menerapkan pola. Cara yang dapat anada coba adalah dengan memanfaatkan sabun colek. Sistem kerjanya sama seperti membatik. Sabun berfungsi seperti malam untuk membuat pola tertentu sehingga tidak terkena warna lain. Caranya berikan warna dasar pada velg lalu gunakan  sabun untuk menutupi pola lalu warnai lagi dengan warna berbedastelah itu bersihkan sabun maka akan terlihat pola pada velg. Gunakan cat glow in the dark agar pola menyala saat malam hari.


Demikianlah cara unik dan sederhana dalam modifikasi velg motor dengan bantuan sabun colek yang dapat saya paparkan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner