Kiat merawat motor tua

Tua identik dengan sesuatu yang sudah berumur, namun bisa mempunyai panggilan tren yaitu klasik. Sesuatu yang klasik bagi sebagian orang itu nampak menarik. Seperti motor tua, bisa dibilang tidak semua kendaraan tua tidak terawat dan tidak berfungsi dengan baik malah, sebaliknya banyak orang  yang merawat motor tua mereka untuk tetap dipergunakan sebagai sarana akomodasi keseharian. Terkadang motor klasik bisa menjadi kebanggan tersendiri, karena pabrik sudah tidak lagi memproduksi.

motor tua

Motor tua bisa dibilang sebagai barang yang unik dan langka, karena sudah bukan sebagai barang jamak. Barang tua tetap bisa berfungsi optimal seperti motor kebanyakan bila dijaga dan dirawat dengan telaten. Beerikut beberapa kiat merawat motor tua :

  1. Mengganti oli atau pelumas mesin secara teratur. Karena oli bisa berfungsi untuk menjaga motor, dan komponen di dalamnya tetap optimal dan okey. Setidaknya melakukan penggantian oli setiap 1 bulan sekali disesuaikan motornya.
  2. Melakukan pemeriksaan pada komponen yang berhubungan dengan kelistrikan, seperti aki, platina dan juga kabel-kabel. Diupayakan agar kabel-kabel tersebut jangan sampai retak-retak parah atau bahkan sudah terkelupas. Jadi, bila sudah retak segera diganti, jangan menunggu sampai sambungannya putus. Pada sambungan kabel yang tidak baik, bisa menyebabkan mudah terbakar. 
  3. Gunakan spare part asli, perlu diketahui onderdil asli lebih bisa menjamin ketahanan umur dibanding dengan yang imitasi. 
  4. Mencuci motor secara teratur, jangan diremehkan dengan pencucian motor. Fungsi dari mencuci motor yang sudah kotor selain tetap menjaga tetap kinclong, bisa menjaga keawetan cat pada body motor. Lebih bagus lagi bila menggunakan sabun khusus untuk mencuci motor.
Merawat motor tua tidak seperti bayangan yang akan sulit, namun pada kenyataannya bukanlah merupakan hal yang susah, hanya dibutuhkan ketelatenan, rajin dan sabar untuk melakukannya. Perawatan yang selalu dilakukan dengan rutin selain menambah umur motor, juga bisa membuat motor tetap punya performa yang bagus sehingga taksiran harga pada motor bisa tetap tinggi. Karena onderdil di dalamnya terawat dengan baik dan motor tetap bisa berjalan dengan optimal. 
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner