4 Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

Memanaskan mobil merupakan hal yang enting dilakukan sebelum berkendara setiap hari, khususnya untuk mobil injeksi, dan metic. Hal ini merupakan baian dari perawatan rutin agar peforma mesin mobil and tetap awet dan terjaga. Namun sudahkah anda tahu bagaimana cara memanaskan mesin mobil yang benar?. Dengan proses pemanasan mesin ini akan membantu sirkulasi oli pelumas untuk melumuri seluruh sisi ruang komponen di dalam mesin, sehingga pada saat mobil dioperasikan, seluruh komponen yang ada di dalam mesin akan lebih amam dalam gesekan atau benturan yang terjadi karena sudah dilumasi secara sempurna oleh oli pelumas.

Perawatan harian terhadap mobil ini sangat bagus dilakukan setiap hari untuk menjaga mobil kesayangan kita dan tidak memerlukan waktu lama yaitu dengan meluangkan waktu untuk memanskan mesin mobil yang benar kurang lebih lima menit setiap pagi atau setiap sebelum digunakan untuk pertama kali pada setiap harinya. Kegiatan pemanasan mobil ini terkhusus untuk mobil injeksi sebab sirkulasi pelumasa pada  mobil injeksi lebih cepat dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan karburator.

temperatur mesin mobil


Berikut adalah beberapa cara memanaskan mesin mobil yang benar:


1. Dilakukan secara rutin.
Cara memanaskan mesin mobil yang benar yang pertama adalah dengan melakukannya secara teratur setiap sebelum menggunakan mobil untuk pertama kali pada setiap harinya, baik pagi siang atau malam. Kita tidak bisa mengatakan memanaskan mobil harus dilakukan pada pagi hari saja. Memang benar kebanyakan orang memanskan mobil pada pagi hari. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memulai aktivitas dan menggunakan mobilnya di pagi hari. Tapi bagaimana dengan mobil yang biasa digunakan di malam hari. Untuk sebagian orang ada yang memulai kativitas di sore atau malam hari. Atau karena terdapat lebih dari 1 mobil di suatu rumah sehingga ad mobil yang tidak khusus dipakai dari pagi hari.

2. Memperhatikan temperatur mesin.
Pada saat memanaskan mesin mobil perhatikan indicator teperature yang tersedia d speedometer. Dari langkah awal saat anda menghidupkan mesin mobil anda untuk mencapai kondisi siap digunakan yaitu ketika indikator suhu tersebut telah menunjukan posisi minimal sepertiga dari jarum temperature. Kondisi seperti ini dapat dijadikan indikasi bahwa mobil anda siap untuk digunakan.

3. Tidak menginjak gas saat memanaskan mesin.
Saat melakukan pemanasan terhadap mobil sesuai cara memanaskan mesin mobil yang benar adalah untuk tidak menginjak pedal gas. Hal ini ditujukan untuk menjaga beberapa bagian onderdil yang berada di dalm mesin mobil agar tetap awet. Hal ini disebabkan karena dengan menginjak pedal gas akan menimbulkan getaran yang semakin kencang sehingga mempengaruhi dudukan onderdil di dalam mesin. Hanaya saja untuk sesekali kita perlu menginjak gas dengan kencang agaar kotoran-kotoran pada celah-celah mesin ataupun pipa-pipa injeksi bisa keluar ke pembuangan.

4. Mematikan AC saat memanaskan mesin mobil.
Saat memanaskan mesin mobil yang benar adalh dengan mematikan AC. Hal ini bertujuan agar daya pada baterai mobil secar penuh tersalurkan pada dinamo starter mobil, selain itu beban putar mesin akan menjadi lebih ringan sehingga mampu bekerja secara optimal.

Baca juga :
Demikian cara memanaskan mesin mobil yang benar yang dapat saya paparkan. Semoga mudah dimengerti dan bermanfaat bagi pembaca dan selamat mencoba.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner