4 Tips Membersihkan Motor yang Berkerak

Menjaga kebersihan motor adaalah bagian utama dalam perawatan motor. Kebersihan body motor dapat dilakukan dengan mencuci motor menggunakan shampo motor biasa, lalu bagai mana dengan tips membersihkan motor yang berkerak?.

Motor yang kita gunakan sering kali melewati medan yang berat dengan resiko kotor yang tinggi.beberapa bagian motor yang rentan kotor adalah bagian bawah mesin, velg, dan sukucadang. Kotoran yang menumpuk pada bagian-bagian motor ini akan menumpuk membentuk kerak dan semakin lama semakin membandel. Hal ini tentu membuat kita risih memandang motor kita. Terlihat seperti tidak terawat dan usang. Pedahal saat berkendara, kendaraan yang kita gunkan menjadi satu kepribadian utuh dengan diri kita. Lalu bagaimana pandangan orang lain melihat kita yang sudah rapi berangkat kerja duduk di atas motor yang kotor dan berkerak?. Sungguh mengganggu penampilan bukan?.

Ukerak pada motor merupakan masalah yang menjengkelkan, selain merusak pemandangan juga dapat merusak bagian-bagian mtor. Pada kesempatan ini sya ingin memaparkan tips membersihkan motor yang berkerak.

membersihkan motor yang berkerak

1. Menggunakan shampo khusus motor.
Langkah pertama yaitu dengan menggunakan shampo motor biasa tips membersihkan motor anda yang pertama. Caranya sama seperti mencuci motor seperti biasanya dengan menambah gosokan-gosokan ekstra pada bagian-bagian yang berkerak.

2. Menggunakan sabun cuci piring.
Jika menggunakan shampo motor tidak berhasil untuk membersihkan motor anda dari kerak, anda bisa  mencoba menggunakan sabun pencucii piring seperti sunlight dan mama lemon. Caranya sama seperti mencuci motor biasa. Dioleskan pada bagian yang berkerak lalu digosok-gosok untuk menghilangkan kerak yang membandel. Daya bersih pada sbun pencuci piring ini lebih tinggi dari shampo motor biasa.

3. Menggunakan sodyium cyclamate.
Jika sabun pencuci piring juga tidak mampu membersihkan kerak yang mungkin sudah terlanjur membandel pada bagian motor anda, jangan khawatir ada tips membersihkan motor yang lebih ampuh, anda dapat mencoba cara lain yaitu dengan menggunakan sodyum cyclamate yang sering disebut biang gula.caranya dengan mencampurkan seperempat bungkus sodyum cyclamate dengan sedikit air panas lalu tambahkan 1 sendok makan deterjen dan aduk hingga menyatu. Kemudian oleskan larutan tersebut pada bagaian motor yang berkerak membandel lalu gosok-gosok dan bilas.

4. Menggunakan obat pembersih keramik.
Jika ramuan sodyum cyclamate tersebut juga tak cukup ampuh membasmi kerak pada motor anda, anda bisa mencoba cara terakhir ini yaitu dengan menggunakan cairan pembersih keramik. Namun anda harus berhati-hati sebab larutan pembersih keramik cukup keras untuk merusak lapisan cat pada bagian motor anda yang berkerak. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mencampur larutan pembersih keramik dengan air panas lalu diaduk secara merata setelah itu tuang ke ember berisi air. Gunakan sikat gigi bekas atau brush khusus untuk menggosok bagian motor yang berkerak hingga daerah-daerah yang sulit dijangkau. Setelah itu basuh dan bersihkan dengan air bersih.

Demikian tips membesihkan motor yang berkerak yang dapat saya paparkan. Patut untuk dicoba untuk mengembalikan tampilan motor kesayangan anda menjadi kembali bersih dan menawan.
Ads 300 x 250

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Majalah Otomotif Motor Mobil Online langsung di pesan kotak masuk.

feedburner